Rabu, 04 Mei 2016

PENGARUH EFIKASI DIRI LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA IKIP PGRI JEMBER

Indah Rahayu Panglipur


Abstrak: Efikasi diri  lingkungan kampus merupakan faktor yang mendorong kegiatan proses dalam belajar mahasiswa di kampus yang memberikan pengaruh  terhadap hasil prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efikasi diri lingkungan kampus terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah expost facto dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 responden mahasiswa semester 5 di IKIP PGRI Jember program studi matematika. Teknik analisa data yang digunakan adalah korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh efikasi diri lingkungan kampus terhadap Prestasi Akademik mahasiswa  dengan tingkat korelasi sebesar 0,505 dengan interpretasi korelasi ditingkat sedang dan thit sebesar 7,355 dan ttabel 0,1975 yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh efikasi diri lingkungan kampus terhadap Prestasi AkademikMahasiswa.

     Kata Kunci : Efikasi Diri Lingkungan Kampus, Prestasi akademik


PENDAHULUAN
Tingkat keberhasilan dalam  pendidikan dikampus dapat dilihat dari sejauh mana tujuan pembelajaran itu dapat tercapai dan prestasi akademik mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari prestasi akademik  yang diperoleh mahasiswa disetiap proses belajar mengajar. Dimyati dan Mudjiono (2009) mengungkapkan dalam bukunya “prestasi akademikmerupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi Mahasiswa, prestasi akademikmerupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar.
Prestasi akademik dapat dijadikan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mengetahui dan memahami suatu pembelajaran. Dari proses belajar mengajar, diharapkan mahasiswa memperoleh hasil yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Prestasi akademik merupakan penguasaan yang diperoleh mahasiswa setelah proses belajar mengajar. 
Pada program studi matematika  FMIPA IKIP PGRI Jember terdapat 49 mahasiswa semester lima. Berdasarkan observasi yang peneliti laksanakan prestasi belajar mahasiswa tersebut sudah cukup baik walaupun masih belum semua mahasiswa sudah mencapai nilai IPK 3,00.
Kondisi demikian tentu banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah faktor dari dalam diri mahasiswa itu sendiri karena pengaruh dari lingkungan kampusnya yaitu efikasi diri lingkungan kampus. Bandura dalam J. Feist dan G. J Feist (1997) mendefinisikan bahwa efikasi diri adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Efikasi diri mennurut penelitimerupakan keyakinan individu akan kemampuannya untuk untuk dapat mengerjakan tugas atau melakukan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai prestasi akademikyang memuaskan. Aplikasi tingkat efikasi diri mahasiswa dalam pembelajaran adalah seorang mahasiswa yang mempunyai efikasi diri yang rendah akan menghindari banyak tugas belajar, khususnya yang menantang, sedangkan mahasiswa dengan efikasi diri yang tinggi mau mengerjakan tugas-tugas seperti itu.
Pengertian lingkungan menurut Otto Soemarwoto lingkungan adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita (Soemarwoto, 2004). Menurut Tu’u kampus adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung. Di kampus diadakan kegiatan pendidikan, pembelajaran dan latihan.
Jadi, lingkungan kampus adalah kesatuan ruang dalam lembaga pendidikan formal yang memberikan pengaruh pembentukan sikap dan pengembangan potensi – potensi mahasiswa. Lingkungan kampus merupakan lingkungan sosial yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Cara anak belajar dan bergaul di kampus akan berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. Dari pengalaman yang diperoleh mahasiswa dalam bergaul dengan teman sekelasnya, guru, kepala kampus dan semua warga kampus akan mempengaruhi cara mahasiswa bersikap dan berprilaku dalam belajar.
Efikasi diri lingkungan kampus adalah keyakinan dalam diri anak akan kemampuannya dalam mengerjakan tugas berdasarkan pengaruh dari lembaga pendidikan formal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui secara mendalam dengan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai “Pengaruh Efikasi Diri Lingkungan Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa ”.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian Eks Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa program studi matematika FPMIPA IKIP PGRI Jember. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 49 Mahasiswa semester 5 yang ditarik menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan interpretasi korelasi terhadap analisis tersebut juga tingkat signifikansinya.

HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh efikasi diri lingkungan kampus terhadap prestasi akademik, maka dapat dihitung dengan menggunakan korelasi antara variabel X (efikasi diri lingkungan kampus) dan Y (prestasi akademik).
Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana. Dari hasil yang diperoleh r sebesar 0,505 dalam r product moment taraf signifikan 5% (160 = 0,154) sedangkan dalam interpretasi korelasi hasil yang diperoleh berada ditingkat sedang dengan interval 0,41 – 0,59. Maka dari perhitungan diperoleh thitung sebesar 7,355 pada α = 5% → 0,05 dengan df = 160 – 2 + 1 = 159 maka ttabel sebesar 0,1975. Dengan demikian thitung> ttabel (thitung sebesar 7,355 > ttabel sebesar 0,1975) artinya hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak, hipotesa yang diterima adalah :
“Ada pengaruh Efikasi Diri Lingkungan Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Berarti ada pengaruh yang signifikan antara Efikasi Diri Lingkungan Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016”.


B. Pembahasan
Dari hasil penelitian terlihat bahwa efikasi diri lingkungan kampus berpengaruh terhadap Prestasi Akademik mahasiswa. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukan adanya pengaruh yang berarti antara efikasi diri lingkungan kampus berpengaruh terhadap Prestasi Akademik mahasiswa (hipotesis diterima).
Dengan demikian efikasi diri lingkungan kampus secara nyata ikut menentukan dan memberikan sumbangan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hal ini menunjukkan kampus merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Dapat diartikan bahwa meningkatnya prestasi akademik mahasiswa disebabkan oleh baiknya efikasi diri lingkungan kampus.
Berdasarkan perhitungan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri lingkungan kampus berpengaruh terhadap Prestasi Akademik yang ditunjukkan dari hasil uji korelasi yaitu 0,505 lebih besar daripada rtabel = 0,154 dengan interpretasi korelasi sedang.
Secara umum hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri lingkungan kampus merupakan faktor penting agar diperoleh prestasi akademikyang optimal. Dengan adanya efikasi diri lingkungan kampus maka akan diperoleh prestasi akademik yang tinggi. Efikasi diri lingkungan kampus berpengaruh signifikan terhadap Prestasi AkademikMahasiswa SMP Negeri se Kecamatan Panji. Dimana thitung sebesar 7,355 > ttabel sebesar 0,1975.
Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri lingkungan kampus terhadap Prestasi Akademik. Dimana jika efikasi diri yang dimilikinya tinggi maka semakin tinggi pula prestasi akademiknya.

KESIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri lingkungan kampus terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Mahasiswa  IKIP PGRI Jember. Hal ini dapat dikatakan metode yang digunakan berhasil (diterima). Dengan menggunakan uji korelasi statistic product moment diperoleh nilai dari rtab diatas maka hasilnya adalah 0,154 lebih besar rhit yakni dengan hasil 0,505 maka Ha di terima sebagaimana yang telah diuraikan dalam hipotesa penelitian. Dengan interpretasi korelasi sedang dan signifikansi sebesar 7,355 lebih besar dari ttabnya yang anya sebesar 0,1975. Sehingga dalam hal ini prestasi akademikMahasiswa akan meningkat dan dapat dikatakan efikasi diri lingkungan kampus mempunyai pengaruh terhadip prestasi akademik matematika.
Berdasarkan kesimpulan akhir penelitian ini, Peneliti memberikan beberapa catatan khusus sebagai saran, antara lain:
1.    Lingkungan kampus hendaknya mendukung dalam peningkatan efikasi pada diri Mahasiswa.
2.    Prestasi akademikMahasiswa dalam pelajaran Matematika yang sudah baik hendaknya dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi dengan cara terus meningkatkan efikasi diri yang ada dalam diri Mahasiswa masing-masing.

DAFTAR  RUJUKAN

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Feist, J dan Feist, J. G, 1998. Theories of personality. Boston : Mcgraw – Hill Companies Inc (online) tersedia di : http://saharpratama.blogspot.com/2013/02/efikasi-diri-self-efficacy.html

Judge, T A., dkk. 2007. Self-Efficacy and Work-Related Performance: The Integral Role of Individual Differences. Journal of Applied Psychology. Tersedia di : http://saharpratama.blogspot.com/2013/02/efikasi-diri-self-efficacy.html

Soemarwoto, Otto. 2004. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan.Jakarta : Djambatan


Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta